Selasa, 21 Agustus 2012

A Gentleman's Dignity


"Yang dimaksud usia 40-an adalah usia dimanapun dan dalam situasi apapun, kau tetap tenang mempertahankan martabatmu."
"Kami sudah dapat membuat tempat bilyard sendiri sekarang, namun ketika bersama kami menjadi seperti pemuda berusia 18 tahun. saling memaki dan mempertaruhkan nyawa untuk sebuah bola. mengapa? karena pemuda tak pernah dewasa. mereka hanya bertambah tua."

seperti yang tampak di gambar di atas sama pernyataannya, drama ini bercerita tentang kehidupan empat orang pria usia 40 tahun-an. mungkin kalo berempat gini kayak F4 atau apalah itu hihihi, dan kebetulan mereka emang orang-orang, ralat, ajussi-deul yang ganteng dan tajir. fyi (buat yang belom tau), ajussi itu sebutan buat orang paruh baya di korea. kalo di kitanya kayak om gitu, dan ajussi-deul itu bentuk jamaknya.

keempat ajussi ini temenan dari SMA, dan meskipun udah 40-an tapi kalo mereka lagi bareng kelakuannya balik lagi kayak anak umur 18 tahun. 

Ajussi pertama adalah Kim Do Jin (Jang Dong Gun). Kim Do Jin ini orang yang gamau nikah karena sayang kalo harus berbagi duit yang udah susah payah dikumpulin sama istri dan anak, jadi gamau berkomitmen atau nikah. disini emang agak pervert gitu ajussi ini haha, karena banyak ceweknya. Ajussi ini arsitek, dan bikin usaha bareng temennya Im Tae San. fyi, ini ajussi kesayangan saya :D


Ajussi kedua adalah Im Tae San (Kim Soo Ro). Ajussi ini yang bikin usaha bareng sama Kim Do Jin. Im Tae San orangnya bae dan jago olahraga. dan 'keahlian' laen dari ajussi ini adalah kalo udah mengumpat mantep banget sampe bikin orang cengo se-cengo-cengonya haha.


Ajussi ketiga adalah Choi Yoon (Kim Min Jong). Ajussi ini yang paling pinter dan kalem dibanding semuanya. Choi Yoon juga pengacara, jadi suka ngeberesin masalah temen-temennya lewat jalur hukum. Ajussi ini sebenernya udah nikah dan istrinya meninggal beberapa tahun yang lalu, tapi masih gabisa ngelupain istrinya dan terus make cincin nikahnya.


Ajussi terakhir adalah Lee Jung Rok (Lee Jong Hyuk). kebalikan dari Choi Yoon, ajussi ini sering banget ngumpetin cincin nikahnya kalo ketemu cewek cantik. Lee Jung Rok nikahin perempuan yang lebih tua dari dia tapi kaya banget. ajussi ini paling sering bikin masalah, soalnya istrinya itu nyeremin banget apalagi kalo tau suaminya sama cewek laen.


nah, Kim Do Jin yang pervert itu akhirnya suka beneran sama cewek. Seo Yi Soo (Kim Ha Neul), guru etika SMA yang sebenernya suka sama Im Tae San. tapi Im Tae San pacaran sama temen serumahnya Seo Yi Soo, jadi mau gamau Seo Yi Soo ini cinta bertepuk sebelah tangan.


kayaknya karma juga sih buat Kim Do Jin yang banyak ceweknya hehehe. padahal dari pertemuan pertama, Kim Do Jin udah suka sama Seo Yi Soo, tapi Seo Yi Soo suka sama orang laen. dan di pertemuan kedua, lucu deh. jadi ceritanya Seo Yi Soo lagi belanja asesoris gitu dan Kim Do Jin lagi motret-motret. baju Seo Yi Soo kesangkut di tasnya Kim Do Jin, jadinya benang belakangnya ketarik dan baju bagian belakangnya kebuka sampe lumayan tinggi. Kim Do Jin yang nyadar terus ngebantuin Seo Yi Soo nutupin bajunya yang robek pake taplak meja asesoris yang dijual di sekitar situ. taplak itu dijadiin kayak rok yang modis.

disitu lucu, unik proses ketemunya, dan udah keliatan banget betapa Kim Do Jin Ajussi itu kereen banget <3

saya seneng deh sama karakter Seo Yi Soo di drama ini. sebagai guru, dia ini asik meski tegas. ga strict banget gitu, bukan tipe guru yang apa-apa harus disiplin. cuma galak emang, kalo muridnya ada yang bandel. sebagai cewek, Seo Yi Soo orang yang sebenernya hampir sama kayak pemeran utama wanita di drama korea laennya, apa adanya, cenderung ceroboh, dan melow (nrimo aja gitu bertepuk sebelah tangan dan tetep suka sama orang itu dengan baik). cuma bedanya, Seo Yi Soo itu lebih 'nyata' gitu. selain ga nyatain cinta bertepuk sebelah tangannya karena orang yang disukain pacaran sama temennya sendiri (kalo dia nyatain kan bakal ngancurin hubungan temennya), dia berani dalam nyatain apa yang dia pikirin tapi natural, tapi bukan kayak tipe orang yang emang blak-blakan kayak Noh Eun Sul di Protect The Boss.
 
selanjutnya, mereka ketemu lagi setahun berikutnya di pertandingan baseball. Seo Yi Soo jadi wasit di pertandingan itu. ditambah lagi murid SMA-nya Seo Yi Soo malakin Kim Do Jin dan akhirnya berantem, terus ketemu di kantor polisi. Kim Do Jin gamau damai sama anak-anak itu, maunya dituntut. Seo Yi Soo yang guru mereka akhirnya kerepotan minta damai ama Kim Do Jin.

Kim Do Jin yang awalnya kesel gara-gara Seo Yi Soo sukanya sama Im Tae San, akhirnya mutusin buat melakukan 'cinta sebelah tangan' sama Seo Yi Soo. dan demi apapun ya, Kim Do Jin keren dan sweet banget, biasalah korea hahaha.

dan cewek-cewek yang berhubungan sama empat orang ajussi ini juga saling berhubungan satu sama lain. pacarnya Im Tae San, Hong Se Ra (Yoon Se Ah), temen serumah Seo Yi Soo. Hong Se Ra ini pe-golf profesional.


terus Im Me A Ri (Yoon Ji Ni), cewek usia 24 tahun yang juga adenya Im Tae San, suka banget sama Choi Yoon. dia sampe ngurusin badan pas mau ketemu lagi sama Choi Yoon setelah sekolah di amerika dua tahun. di antara empat cewek itu, Im Me A Ri yang paling gigih ngejar cintanya. tahan banting banget dia, padahal dicuekin sama Choi Yoon dan ga dibolehin sama kakaknya. iyalah, mereka beda 16 tahun -_-
Im Me A Ri ini muridnya Seo Yi Soo pas SMA, dan mereka deket banget. Im Me A Ri tau kalo Seo Yi Soo suka sama kakaknya dan pengen kalo gurunya dan kakaknya itu bersatu. Im Me A Ri ga suka sama Hong Se Ra soalnya.


nah, ini yang paling harus bersabar ngadepin kelakuan suaminya, Park Min Suk (Kim Jung Nan). Park Min Suk ini kayak orang yang 'nyeremin', tapi ternyata bae, dengan caranya. orang ini kaya banget banget sampe temen-temennya Lee Jong Rok pasti bilang kalo gimana pun juga mereka ga boleh cerai. Park Min Suk ini deket sama Im Me A Ri, dan ngejadiin Im Me A Ri mata-matanya buat ngawasin suaminya.


malah Choi Yoon bilang gini: ingat kelangsungan perusahan Do Jin dan Tae San, juga pekerjaanku, sangat berpengaruh pada istrimu. ada beribu pegawai yang akan terlantar jika kalian bercerai. kalian tidak boleh bercerai, demi kebahagiaan semua orang.
Lee Jong Rok: lalu bagaimana dengan kebahagiaanku?!
Choi Yoon: tidak penting (dengan muka serius LOL)

dan ada seorang yang ganteng (hehehe) yang jadi kunci cerita ini. Collin (Jonghyun CN Blue) yang dateng ke Korea buat nyari keempat ajussi itu. kemunculannya bisa dibilang bencana (karena bikin kekacauan diantara mereka) tapi anugrah juga (karena dia ganteng hahaha)


yang saya suka dari drama ini, kehidupan sehari-hari banget gitu. ada adegan pas Seo Yi Soo ngelipetin baju (pas banget kemaren-kemaren saya kepikiran di film 49 days itu kapan Ji Hyun nyuci baju Yi Kyung yang dipinjem dengan ga ketauan padahal tubuhnya Yi Kyung dipake siang-malem). terus juga ada adegan Seo Yi Soo sama Kim Do Jin ketemu lebah, dan refleks Seo Yi Soo yang mukul lebah itu, sedangkan Kim Do Jin lompat karena kaget dan takut sama lebah. Seo Yi Soo nyadar dong kalo itu ga cewek banget, akhirnya dia pura-pura kalo takut juga haha.

dan menampilkan apa yang cewek itu pengen dan gimana cewek dimata cowok, dan sebaliknya. Seo Yi Soo sebagai cewek dan cewek-cewek laen pasti pengen tampil cantik dan seksi, cuma Kim Do Jin dan semua cowok di drama itu gamau cewek yang disukainnya seksi di depan cowok laen (depan publik). tapi para ajussi itu tetep seneng liat cewek cantik-seksi laen karena gimanapun juga mereka cowok.

dan yang terpenting dan terkocak adalah persahabatan keempat ajussi itu. jadi setiap awal episode itu ada kayak preview persahabatan mereka, dari adegan apapun. dari mereka SMA sampe udah jadi ajussi kayak sekarang.ada yang mereka dipanggil guru gara-gara ketauan nonton film porno, proses mereka berhenti ngerokok, berantem ga penting ngebanggain pahlawan masing-masing, dan masih banyak lagi. dan entah saking kompaknya atau apa, cinta pertama mereka berempat orang yang sama.

ada kata-kata dari Lee Jung Rok Ajussi yang koplak: 99,9% itu rasanya sangat meyakinkan, bahkan lebih meyakinkan dari 100%. seperti yang di iklan anti kuman itu, semuanya menggunakan 99,9% kan?
dan langsung diomelin sama Choi Yoon Ajussi karena temennya yang rada-rada itu haha.

ada satu preview yang sedih banget, yaitu pas istrinya Choi Yoon meninggal. ajussi yang tiganya lagi ada di kondisi yang mepet. Kim Do Jin mau ada pertemuan penting sama klien, Im Tae San lagi mau tanda tangan kontrak, Lee Jong Rok lagi diintrogasi istrinya soal cewek (keadaan yang genting banget buat masing-masing dari mereka). tapi pas dapet telepon soal kematian istrinya Choi Yoon, mereka langsung ninggalin semua itu dan bilang kalo ini lebih penting dari apapun.

terus Choi Yoon saking shock-nya, dia ga sanggup ngapa-ngapain, sampe baju aja dipakein sama temen-temennya itu. dan pas make sepatu, dia sampe roboh karena shocknya. terus tiga ajussi itu yang nerima tamu, soalnya Choi Yoon sama ibu mertuanya masih shock banget. sedih banget pas adegan ini -_-

kalo ada sesuatu yang terjadi sama salah satu cewek mereka, mereka juga turun tangan. kayak pas Im Tae San sama Hong Se Ra berantem padahal Hong Se Ra mau lomba golf, ajussi yang tiga lagi bikin spanduk buat nyemangatin Se Ra dan biar mereka baikan. terus pas Seo Yi Soo ada masalah sama orang, diancem gitu, mereka berempat dateng buat ngelabrak orang-orang itu. pokoknya keren deh mereka, ajussi-deul itu, solidnya :D

drama ini 20 episode, dan biasanya saya kalo nonton drama 20 episode itu udah berasa lama-nya gitu. biasanya di episode 14 atau 15 kan udah mau selesai tuh masalahnya, dan jadi bikin bertanya-tanya ini mau ada masalah apa lagi sampe ada 18 atau 20 episode? biasanya, ga semua sih, drama korea kalo ratingnya bagus dipanjangin jadi 18 atau 20 episode. jadinya sekitar episode 16-18 itu banyak hal-hal ga penting dan bikin bosennya gitu. bahkan 49 days aja, yang menurut saya drama korea yang keren dan laen dari yang laen, pas episode 19 saya mulai ngerasa bosen dan ngebatin 'ih ini mau ada apaan lagi sih, udah episode segini juga?'

cuma drama ini, cenderung ga berasa kalo ini ternyata drama 20 episode. ga ngebosenin meskipun cerita yang dimasukinnya itu hal sepele. perpaduan antara ajussi-deul yang kece dan sweet (haha) dan anak muda yang ganteng (Collin sama murid SMA-nya Seo Yi Soo) ngebikin drama ini enak aja ditonton. mungkin karena adegan 'sepele'-nya juga banyak adegan sehari-hari yang natural dan lucu, jadi ga bosen ditontonnya.

jadi, selamat nonton :D dijamin ga akan bosen hehehe. kalopun diulang-ulang ga ngebosenin juga kata saya. btw, kalo ada yang punya softcopy-nya boleh dong saya minta, buat koleksi XD


3 komentar: